Kamis, 30 Januari 2020

CARA MUDAH MEMBUAT APLIKASI SURAT DENGAN EXEL



Pertama-tama saya mengucapaka salam kepada para  pembaca 
Langsung saja saya akan mejelaskan secara singkat tentang tutorial ini
Untu kita para perkerja di bagian tenaga adminitrasi baik itu di salah satu sekolah maupun di instansi lain
Mungkin tutorial ini dapat membantu, untuk mempercepat kinerja kita,,
Karna dengan  mempelajari ini  kita dapat mempersingkat pekerjaan kita..
Hingga kita tak lagi membutuhkan banyak waktu untuk membuat surat…
Nah tutorial kali bukan untuk mengurui atau pun semcamnya,, tutorial kali ini
Hanya untuk membantu agan-agan yang kesulitan,, karna  tutorial yang saya ajarkan ini hanya tutorial sederhana yang mudah-mudahan muda untuk di pelajari..
Karna ane tak mampu menuliskan banyak basa basi maka langsung saja kita ketopik permasalahnya …
Oke untuk di ketehaui saya menggunakan Microsoft exel 2010
Langsung kekbabak pertama  buka exe lagan
Buat kolom seperti ini atau di sesuai kan dengan kebutuhan agan…..
Tapi untuk di ketahui unutk kolom angka yang ke samping dari nama s/d  alamat
Di  bikin ya karna itu termasuk peran penting





















 Kita buat table/kolom sesuai keinginan kita
2. Buat 2 sheet  Pertama sheet untuk Data dan  yang kedua sheet untuk Surat

jika sudah langsung ketahap berikutnya..
kibuat Suarat yang kita ingin kan,,, di sini saya memberi contoh surat pernyataan

seperti gambar di bawah
Di nomor tiga  yang berwarna merah ada  kota/kolom nomor 1 nah itu di bikin juga karna memberikan peran penting nantinya..
Untuk surat bisa sesuai selera agan
Nah jika suda selesai
Kita kethap berikutnya
Pada tahap berikutnya…
Kita akan membuat rumus,,, jadi tolong  di pahami

Langsung saja


Nomor
1.   Ketik tanda  =  (sama dengan) lalu ketikan vlookup(
Di kolom nama
2. Setelah itu kita kelik kolom yang berisikan nomor 3 lalu ketik , ( koma)
Biasanya lain pc/atau laptop akan lain pula… nah jika tanda koma tidak bisa
Berrti di laptop/atau pc agan menggunakan tanda ; (titik koma)
Maka hasilnya akan     =vlookup(k1,
Jika sudah selesai kita ketahap berikutnya

3.Sekrang kita pindah ke sheet data
4.Nahh di situ kita klik sekali  aja nomor satu yang di samping nama adi, jika suda klik ketik : (titik dua )

Ketahap selanjutnya
5.Setelah itu seleksi/blok nama adi sampi akhir kebawah
Mantap… jika sudah sampai sini
Kita tambah lagi

6.Gambar di atas pada nomor 6 ketik  ,2,  (koma dua koma)
7.Kenapa nomor 2 penjelasanya adalah karna di sini kita untuk memasukan kolom nama    disura semntara di table kesamping nama terdapat di nomor  2 lihat pada gambar di        diatas pada nomor 7
8.Sekrang ketik false)  kemudian tekan enter maka selesai sudah

Kemudia kita ke sheet surat pili di kolom tempat tgl lahir..
Caranya masi sama klik =vlookup(k1, dst
Cuman di sini berberda… yang kita seleksi adalah  table ttl di sheet data…
Dan nomor yang kita ketik bukan  ,2, karna ttl berada di kolom 3 maka kita ganti menjadi ,3, ketik flase) tekan enter,,,
Dan lakukan juga di  kolom jabatan, alamat,
Maka selsai sudah kerjaan kita gan


9.Di kolom aja ttd ata nama Rini yang ada pada gambar..
Ketik di situ = (sama dengan) klik nama yang di surat….
Otomatis nanti dia akan mengikuti nama yang di atas
10.Nah di sini ketik aja angka /nomor urut yang ada pada di sheet data..
Maka namanya akan otomatis berubah sesuai urutan yang ada pada  sheet data…

Oke sampai di sini tutorial kali ini… semoga dapat membantu dan selamat berkerja………………..

Related Posts

1 komentar: